Sabtu, 05 Maret 2011

Dampak Bermain Playstation

Dampak Positif PlayStation

Berikut ini adalah beberapa pengaruh PlayStation pada anak dalam segi positif.
Bermain PS bisa meningkatkan tingkat sosialisasi anak dengan lingkungan sekitarnya. Umumnya PS memang dimainkan secara bersama atau beramai-ramai, hal ini memiliki dampak yang baik terhadap pergaulan.
PS juga bisa merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak. Dalam beberapa permainannya, PS kerap membuat pemainnya harus berpikir cepat untuk membuat keputusan dan memikirkan tentang bagaimana cara menyelesaikan permainan. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan otak anak.


Dampak Negatif PlayStation

Selain memiliki hal positif, pengaruh PlayStation dalam hal negatif juga ada dan cenderung lebih banyak. Berikut ini adalah contoh-contohnya.
Tidak sedikit permainan PlayStation menayangkan adegan kekerasan, misalnya perkelahian atau penembakan. Bila permainan ini disuguhkan pada anak kecil yang benar-benar lugu dan tidak mengerti tentang kekerasan, ia bisa saja menirunya di dunia nyata.
Pengaruh PlayStation yang juga sangat buruk adalah anak-anak bisa kecanduan, sehingga menjadi  lupa waktu dan meninggalkan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya menjadi malas belajar, hal ini pasti merugikan anak-anak.
Walau PS bisa meningkatkan sosialisasi, tak jarang anak-anak yang lebih suka menyendiri untuk bermain PS. Mereka umumnya menjadi anak yang cuek dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.
Pengaruh PlayStation juga meliputi kesehatan. Dampak buruk PS pada kesehatan bisa bermacam-macam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar